Akses blog nasihat remaja muslim via HP/Ponsel klik ini: www.nasihatremajamuslim.blogspot.com/?m=1

Sabtu, Maret 29, 2008

TUJUAN HIDUP MANUSIA

Pendahuluan
Banyak orang memiliki tujuan hidup yang berbeda-beda. Ada yang bertujuan untuk mencari pahala, masuk kedalam syurga dan ada juga yang ingin terhindar dari api neraka. Tapi ada juga yang ingin menjadi orang kaya dan superstar/bintang yang dapat dikenal orang banyak. Untuk yang satu ini sangatlah memprihatinkan, karena hal ini banyak dilakukan oleh orang islam.

Menurut saya, pahala, masuk syurga dan juga terhindar dari api neraka adalah sebuah konsekuensi yang diterima oleh seorang muslim. Bukan sebagai sebuah tujuan, melainkan sebuah effect dari tujuan hidup manusia. Menurut saya, dan dari apa yang saya pelajari dari Prof. Dr. Zainuddin S Nainggolan, tujuan hidup manusia ada 2, yaitu: Tujuan vertikal dan tujuan horizontal.

1. Tujuan Hidup Vertikal

Tujuan ini yaitu berhubungan dengan Alloh SWT yaitu RADIATAN MARDIAH. Maksudnya: Setiap perilaku seorang muslim baik dalam bentuk niat, kata hati, perkataan, perbuatan dan gerak-geriknya menunjukkan rasa ridho, cinta dan puas(radiatan) kepada Alloh SWT, kepada sunatulloh dan Alloh pun ridho dan senang kepadanya.

Alloh berfirman:

"Hai jiwa yang tenang dan damai, kembalilah kepada Rabbmu dengan radiatan mardiah (dengan hati yang senang dan puas lagi diridhoiNya). Lalu masuklah kedalam jamaah hamba-hambaKu dan akhirnya masuklah kedalam Jannah (syurga) Ku" (Q.S. 89:27-30)

2. Tujuan Hidup Horizontal

Tujuan hidup horizontal adalah sesuatu yang ingin dicapai oleh seorang muslim dalam berhubungan dengan makhluk. Yaitu "Rohmatan lil 'alamin"

Alloh berfirman:

"Dan kami tidak mengutus kamu (dan tidak menyuruh pengikutmu) kecuali untuk mendatangkan rahmat bagi seluruh alam" (Q.S. Al-Anbiya, 21-107)

0 BERI KOMENTAR:

Posting Komentar